Sabtu, 18 Februari 2012

Materi Penguatan Kapasitas SDM Dewan Perwakilan Mahasiswa

COMMON ELEMENTS OF ALL  JOBS
n  Suatu pekerjaan ada karena harus memberikan sesuatu hasil akhir (output)
n  Untuk mewujudkan output, pemegang jabatan harus memiliki kompetensi (input)
n  Dalam mengerjakan pekerjaan guna mewujudkan output, pemegang jabatan harus mampu menyelesaikan permasalahan (Problem solving).
 (Bicarakan input) ---------(Bicarakan proses)-----------(Bicarakan Output)
A. APA ITU INPUT DPM (dewan perwakilan mahasiswa) ?  Maka bicarakan Kompetensi Seluruh anggotanya…
Apa itu Kompetensi? Definition of Competency yaitu mewakili  1. Pengetahuan, 2. Ketrampilan (skill), dan 3. Perilaku yang tampak (behavior) yang menghasilkan kinerja yang efektif pada suatu pekerjaan.
1.PENGETAHUAN
Apakah semua anggota DPM tahu Visi dan misi DPM ??? Apakah semua anggota DPM tahu Job deskripsi ( tugas masing-masing jabatan) –nya???
bila tidak tahu maka segera cari tahu dan buat diri anda menjadi orang yang mengetahui….
Apa itu visi ??? Merupakan aspirasi bersama yang memiliki daya tarik yang sangat kuat atau Gambaran yang jelas tentang masa depan  dan menjadi panduan yang memberi kebebasan yang terarah. Visi yang tepat = cita-cita yang dapat menggerakkan anggota untuk berbuat. Dimana dengan perbuatan tersebut organisasi akan berkembang dan maju.
Ciri-ciri visi adalah Mengilhami , Menantang, Berorientasi pada perubahan, Memberikan kekuatan, dan Bersifat jangka panjang.
PROSES PEMBENTUKAN VISI
  •  pelajari orang sejenis, kelemahan dan kekuatanya
  • berpikir terbuka atau mau menerima saran
  • ketahui keinginan dan harapan
  • hargai nilai visi yang sudah ada
  • Jangan sok tahu, jangan menganggap yang menemukan visi anda sendiri
Apakah semua anggota DPM mengerti dan  memahami misi DPM ???
Apakah Misi itu ??? Merupakan upaya-upaya strategi  untuk merealisasikan visi  dan menggambarkan apa yang diusahakan oleh organisasi.
2. KETRAMPILAN (SKILL)
Ada dua yaitu : (A.) Soft skill dan (B.) Hard skill
A.SOFT SKILL ADA 2 YAITU INTER-PERSONAL SKILL DAN INTRA-PERSONAL SKILL.
INTER-PERSONAL SKILL Adalah ketrampilan seseorang  dalam berhubungan  dengan orang lain. Misalnya bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan seseorang, Bagaimana bekerjasama, kemampuan bernegosiasi, Bagaimana berbicara di depan umum dan sebagainya…
INTRA-PERSONAL SKILL Adalah  ketrampilan  dalam mengatur  dirinya sendiri . Misal keberanian mengambil keputusan, mengambil inisiatif, memanajemen stress, berfikir creative, manajemen waktu dan lain sebagainya….      

B. HARD SKILL  (Kemampuan Teknis )
   Yaitu penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan ketrampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Misal Insinyur mesin seharusnya menguasai ilmu dan teknik  permesinan, seorang Pemain sepak bola harus mempunyai ketrampilan teknik menggiring bola. Dan lain sebagainya….
3. PERILAKU YANG TAMPAK (BEHAVIOR)
Pembuktian dari penguasaan pengetahuan dan ketrampilan melalui perilaku yang maujud atau tampak dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat kita artikan juga sebagai Aplikasi yang nyata…
B. PROBLEM SOLVING ADALAH BAGAIMANA MEMECAHKAN MASALAH (MEMBICARAKAN BAGAIMANA PROSESNYA) ???
Jawablah Pertanyaan di bawah ini sesuai dengan pemikiran anda….
1. Apabila dalam masa jabatan selama 1 tahun di DPM ternyata ada separuh anggota yang tidak aktif, bagaimana cara anda mengatasinya agar kekosongan tersebut tidak menganggu kinerja DPM ???
2. Apabila Dalam memonitoring kinerja Bem ternyata Bem melanggar GBHK maka apa yang dilakukan oleh DPM ???
3. Dalam berorganisasi sering terjadi ketidaksama-an pendapat dalam diskusi, Apabila terjadi perbedaan tersebut pada beberapa anggota DPM, maka apa yang harus dilakukan anggota DPM yang lain untuk membantu menyelesaikan masalah tsb ???
4. Jika tidak ada perubahan perilaku yang positif pada anggota DPM, menurut anda apakah perlu merubah struktur yang ada saat ini ???
C. OUTPUT ADALAH HASIL AKHIR YANG DI CITA-CITAKAN ORGANISASI ATAU DENGAN KATA LAIN KEBERHASILAN ORGANISASI DALAM USAHA UNTUK MENCAPAI TUJUAN DAN SASARANNYA.



               





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar